Kamis, 08 September 2016

Marintan AM - Mas Mbul - Part 2

Tiba - tiba ada seorang pria berusia sekitar 56 tahun menyolek Mas Mbul, "Riki ?!! Ngapain kamu disini ? Bukannya kamu harusnya ada di proyek Tunjungan 5 ?".

Mas Mbul wajahnya mendadak pucat, beda sama Marintan yang dengan gagah berani menjawab, "Sopo tho kowe ? Koq nyeluk Riki ? Mas Mbul ini calon imam-ku, dia lho mau kasih aku motor gede !!", Marintan bicara dengan penuh percaya diri.

Bapak bapak yang tadi menegor Mas Mbul wajahnya mendadak merah karena marah, "Riki ! Kamu enak - enakan sama celengan Bagong disini ngapain ? Kamu !  ya kamu ! sekarang juga temuin Pak Yudha, kamu saya skors sebulan !"

Marintan bukannya mikir, malahan sok aksi, "Ooomm lapo rek ?!!! Mas Mbul ini kontraktor kaya, pernah dengerkan Mika ?", Ujar Marintan sambil merangkul pinggang Mas Mbul yang luas.

Bapak tadi memandang Marintan dengan geram, "Dasar bodoh ! Mika itu perusahaan milik saya, Riki ini mandor ! Denger ya ?! Calon imam-mu bakal tak pecat !!!!", Dan bapak tadi langsung berlalu masuk ke dalam Alphard yang parkir diseberang jalan dengan gusar, beda sama Mas Mbul yang cuma naik Suzuki Carrie jompo

Marintan syok, Mas Mbul ternyata miskin, bukan lelaki impiannya. Duit ngurir 3 bulan ludes dalam seminggu demi cinta sejati bagai dongeng. Lebih sakit lagi, Mas Mbul pergi begitu saja menuju kantor cabang tanpa memberi kecupan perpisahan. Marintan diam mematung ( tiba - tiba petir lalu ujan deres )

Tak lama, lahirlah status FB yang menggambarkan luka hati Marintan  yang sekali lagi harus terluka karena cinta semu. "kamu, ya kamu, aku tuh sedih, tapi aku harus kuat, Marintan gak boleh nangis ya, walo hati lagi remuk. Muak iya, bete iya, sedih pastinya. Biarlah aku menjadi kupu kupu yang terbang jauh dan  menghilang"

Dan hujan komentar pun tak bisa  terbendung ....

Mamat Arief Aji
Kupu jare ?!! Kupu purba lek gedine ngunu

Setia Rina
Wealah ? Drama neh

Saru Lansia
Bing, ini lho anak didikmu

Bing An
Ouuu terus aja acting, cepetan sini, mana martabak pesenanku ?

Eca Nobita
Ce ... Ojok ngamuk ae ? Endi talenanku ? Anakku wes nanyain terus

Levin Sandra
Ya olooooo rempong ya cyyynnttt

Ayunk Ababil
Pah ! Sakno Ketan

Merryana Martono
Kalian hobi sekali ya ngebully orang

Ike Halimah
Kakak yang sabar ya, masih banyak cowok cakep ngantri nungguin kakak

Nur Cahyono
Cantiiikkkk nangis ya ? Sokooor

Bing An
Itu yang komen diatasku maksudnya apa ya ?

Musa Kabari
Nduk, ndang ruqiyah yok, sakno tambah gendeng

Itulah nasib Marintan, bukannya dihibur malah dibully. Tapi toh Marintan udah agak move on, move on dari trotoar Jalan Genteng ke Penyetan Sambalado dan makan dengan bringas.


******

"Kak, yang sabar ya, aku ikut sedih nih", Ujar Sumeng yang nampak sangat prihatin dengan tertipunya Marintan oleh pesona Mas Mbul.

Marintan terharu, ternyata masih ada yang peduli dengan kesedihan yang dialaminya, "Gak apa koq dek, kakak memang sering dianggap Barbie yang sekedar cantik dan lemah, tapi kakak tuh aslinya tegar koq"

Ike menimpali, "Sungguh kakak ini panutan aku, sabar, bijak dan cantik juga gak sombong"

Marintan buru buru membelikan kedua sahabatnya masing masing mie kremes 2000an. Mereka ini assets yang mampu melihat keindahan Marintan secara akurat  yang begitu samar dimata kawan kawannya yang lain.

Sementara tanpa disadari, Adi ikut mendengar perihal kisah Mas Mbul dan dengan lugu dia bertanya pada Mamah. "Mah ? Mas Mbul itu siapa sih ?"

Bu Asih jelas gak paham, "Ohh itu ya si Kusno tukang sampah di pasar ?"

"Tapi kok pacaran sama Kak Intan ? Malah kakak duitnya abis sampe jutaan", Sahut Adi tetep kepoh

"Hah ? Kamu tau darimana ? Adek gak boleh fitnah ya, dosa lho", Ujar Bu Asih.

Adi ngeyel, "Aku denger sendiri kok kakak bilang ke kak Ike sama Mbak Sumeng, pacar kakak namanya Mas Mbul"

Bu Asih kepalanya cekot cekot, ini Marintan makin juara bohong, kok bisa kena tipu laki laki ? Dalam hati ia berjanji akan bilang ke Ayah. Dia rasanya sudah lelah menghadapi Marintan yang tumbuh liar bagai tanaman bentoel di empang sebelah.


*****

"Mana yang namanya Mas Mbul ?? Kamu tuh tukang bohong", Ujar Bing An dengan judesnya.

Marintan tersenyum, "Opoooo cee, Mas Mbul lho gak suka difoto", Ujar Marintan sambil memakan pisang keju.

"Tapi mosok gak ada foto berdua sih, katanya pacar ?!!", Sahut Saru Lansia sambil menyembur badannya dengan kipas angin.

"Lho Budheee, ciyus Mas Mbul itu pemalu", Marintan tetap ngeyel.

Leana Lee Lee yang lagi asik selfie cantik, ikutan bersuara, "Kamu tuh apa nggak capek bohong terus ?"

Marintan hanya tersenyum, biarlah sosok Mas Mbul menjadi misteri, kalau cerita Misteri Gunung Merapi bisa melegenda, tentu Misteri Mas Mbul juga demikian, harap Marintan dalam hati. Sementara itu semua temen Marintan kecuali Ike dan Sumeng, jelas menganggap Marintan sudah berdusta, itu terpampang jelas saat Marintan menuliskan isi hatinya di FB.

"Siapa bilang jadi cewek cantik itu bahagia ? Nyatanya gue selalu aja tersakiti. Tapi gue nggak dendam kok, semoga cinta selalu membuat gue sadar kalo cantik aja nggak cukup, ku masih simpan upil kering yang kau beri !!!"

Bing An :
Mana penyetan pesananku ? Kamu selalu ngaret

Marintan MA :
Opo seh ceeee, sabar po'o, macet lho

Musa Kabari :
Anak kodok lapo neh ? Gendeng kok tiap hari ?

Liana Lee Lee :
Tan ! Ojok kakean cangkem, sesuk anter produkku jam 3 lho
Ayah @Musa Kabari, aq kangeeenn

Ryas Bekker :
Halah gayae sok ayu, tak serampang sandal kapok koen

Marintan MA :
Lha kan ? Malah podo rame dewe

Umi Amalia :
Ndang sadar Tan .... Manut karo wong tuo

Adi :
Kak ?! Disuruh Ayah pulang sekarang jugak

Levin Sandra :
Gue jare ! Eh elu cebok dulu sonoh


******

"Jadi uangmu 8.560.000 ludes buat biayai liburan si Mbul Riki ?!", Ulang Ayah dengan geram.

"Lha ngurir bolak balik gak tau biayai rumah tapi gak eman biayai lanangan', Lanjut Mamah dengan geram.

"Ora yooo ... Mas Mbul ATM-nya kebawa adeknya ke Arab", Jawab Marintan sembari menunduk.

"Yaaahhh !! Iki lho anakmu marai aku edan, kok yo percoyo ae karo bedes Rikiiiiiiiii !!!", Jerit Mamah tak kuasa menahan emosi.

Dan selanjutnya ... "Ayaaahhh ! Aduh" krosaaaakkkk .... Gubrakkkk .... "iki opo tho Yaaahhh !!!! ampun Yaaahhhh !!!!!!!!!!",  .. Braaakkkkk ploookkkk !! Marintan akhirnya di hukum Lutong sama Ayah.

Hukuman Lutong itu tradisi dari Madura di masa 785 SM yaitu bagi terdakwa akan disuruh duduk di mulut gentong ( Lungguh neng gentong ) hingga pantatnya aja yang masuk ambles kedalam gentong, dan itu masih kerap dialami Marintan di abad 21.Terdakwa akan melengkung seperti huruf U dan itu bisa berlangsung selama 5 jam nonstop.

Samar samar terdengar lagu dari rumah tetangga sebelah, lagunya Anji berjudul Dia, yang makin menyayat hati Marintan dalam menjalani hukumannya.

Di suatu hari tanpa sengaja kita bertemu
Aku yang pernah terluka kembali mengenal cinta
Hati ini kembali temukan senyum yang hilang
Semua itu karena dia

Oh Tuhan ku cinta dia
Ku sayang dia, rindu dia, inginkan dia
Utuhkanlah rasa cintaku di hatiku
Hanya padanya, untuk dia



1 komentar: