Minggu, 16 April 2017

Marintan AM - Big No !



Jagad FB khususnya cabang Surabaya mendadak gempar. DP Marintan mendadak berubah, tanpa sungkan Marintan mengunggah potret diri tampak samping yang diduga bukan Marintan.

Sosok langsing dengan sepatu yang stylish dan juga dandanan keren diyakini bukan Marintan terlihat muncul di Timeline Marintan. Foto bertajuk "Berkat Rutin Minum Jamu Cap Kolor Ijo, Akyu susut 46 Kg dan tinggiku jadi 183 Cm".

Komentar pun berhamburan, berita kedatangan King Salman seolah tak lagi diminati, semua tertuju pada pernyataan Marintan.

Setia Rina :
Ya Tuhan ?! Tan beneran ini kamu ?

Mamat Arif Aji :
Masya Allah ! Mosok Iki Kowe ?!

Bing An :
Tan ! Elu serius ? Kenapa gak tampak kepalanya ?

Lee Lee Liana :
Aku koq jadi minder gini ya ? Asli awakku wes koyo emak emak, logro kabeh, anakku 4

Saru Lansia :
Sek, aku ngelu, tak tuku Boderek sek

Sukma Yusron :
Ay besok aku keluar penjara, aku kangen awakmu

Levin Sandra :
Lek Intan koyo ngene, Mamah tak pegat

Hengky Sonjaya :
Mer, kita balikan ya plissssss

Umi Amalia :
So unbelievable ! Tenane Iki Kowe Tan ?

Ayunk Ababil :
Pah !! Ngomong opo ? Gajimu bulan ini tak amblasno ng toko sepatu, sokoooorr

Nur Cahyono :
Mamiiiiii

Bing An :
Maksudmu nyeluk Ketan Mami iku opo !!!!!

Nur Cahyono :
Sumpah Mi, aku salah komen

Mamat Arif Aji :
Cukkkk kenapa baru sekarang kamu begini Tan ?

Umi Amalia :
Beib ! Maksud Lo ?? Aku moleh nang Malang !!! Ojok nyosol ! Aku sedih !

Eca Nobita :
Ya ampun ? Iki beneran ? Bukan hoax ?

Musa Kabari :
Dadi Mbok Nom ku yo ?

Vivit Sumiati :
Aku langsung tibo mak tlepok ! Asli kaget aku !

Dan seperti biasa Marintan no komen alias kicep. Ia sibuk dengan 3 cowok di sebuah Warkop ! Jadi gini lho ceritanya, Marintan kehabisan paket Internet dan dia terpaksa mampir ke Warkop demi wifi gretongan. Warkop itu sepi secara baru jam 8 pagi dan hari Minggu.

Marintan memesan Es Gudbye gelas jumbo. Lagi enak - enak baca komen di fotonya yang fenomenal tau - tau datang 3 cowok umur 20-an yang ternyata habis lari pagi di hari Minggu nan panas. 3 cowok itu pakek singlet dan celana pendek, badan mereka keringetan menyebarkan aroma yang membuat Marintan menggeliat dalam hasrat tinggi.

3 cowok itu sepertinya anak orang kaya dan soal tampilan kok ya pas sama selera Marintan, gimana ya ? Cakep itu bener, badannya oke itu jelas dan sepertinya berduit ! Marintan jangan dituding matre lho ya ? Cewek mana yang mau sama cowok miskin dan jelek, jangan lupa, Marintan salah satu cewek terkenal di Surabaya, icon Surabaya !

Marintan jadi gak fokus sama HP, cowok - cowok ini lebih butuh perhatiannya. Marintan molai cari perhatian, ia molai bertingkah, sengaja numpahin Es Gudbye Freeze yang tadi dipesannya. "Aduuuhh tumpah, ih kenapa sih pagi ini ada aja kejadian gak enak ?", Seru Marintan dengan logat sok Jakarta.

3 cowok itu melihat kearah Marintan, "Mas noh minuman Mbak-nya tumpe", Sahut salah satu cowok itu dengan logat Jakarta.

Marintan dalam hati ngemeng, "Waduh ! Koyoe arek Jakarta asli iki". Dan Marintan makin over acting. "Aduh ! Mas tolong donk bersihin, meja gua becyek". Marintan bicara ke pegawai Warkop, dia pun pindah ke meja disebelah meja 3 cowok yang bikin dia cenat cenut. "Mas ! Gua bikinin atu lagi ye !".

"Es Gudbye Freeze ya ?", Tanya pegawai Warkop

"Ya kalee ! Gua gak doyan kalo es nyang laen", Jawab Marintan sok cantik. "Ih sebel deh, dompet oleh - oleh Papi  dari Italy jadi lengket, ihh jijik ach"

Tiba - tiba salah satu cowok itu menyodorkan tissue basah, "Nih Mbak, di-lap pakek ini"

Marintan dalam hati bersorak, "Akyu tuh kulitnya sensitif ! Kalo kena wangi wangian sembarangan biasanya mere mere gicu dweh"

Cowok yang menyodorkan tissue nampak heran, " Mere mere ? Kenapa marah marah Mbak ?", Cowok ini nanya secara mere - mere dalam bahasa gaul artinya marah - marah.

Dalam hati Marintan mengumpat, "Cuukkk ! Akyu salah ngomong rek" dan ia berusaha santai, "Eh maap, maksud akyu, merah merah", Marintan bicara sambil agak mendesah.

"Oh maksud lo merah - merah ? Ya udah sini gue yang ngelap, eh iya, nama gue Darwin", Darwin bicara sambil meraih dompet Marintan.

Marintan tersenyum manja, "Eh ngelapnya ati ati ya ? Itu soalnya Centel ( Maksud Marintan 'Sya-nel' - Chanel ), hadiah ulang tahun dari Papi akyu !"

Darwin memandang dompet 'Chanel' milik Marintan yang jelas - jelas KW, tapi dia diam saja sambil mengelap dompet itu dengan tissue basah.

Marintan gak bisa ja'im, dia sok akrab, "Ini Darwin ! Kalo kalian ?"

Cowok ke dua menjawab, "Gue Iyan dan ini Felix, gue sama Darwin lagi liburan ke sini, kita dari Jakarta, nah Felix ini udah tiga taon pindah sini, dia kuli disini"

Marintan sok kaget sambil mendekap mulutnya dengan tangan, "Ahh yakin ? Masa sih cakep cakep jadi kuli ?"

"Hahahah bukan kuli nyang entu, maksud gue kuliah, di Petra", Jawab Iyan sambil tertawa.

Marintan misuh misuh dalam hati, kenapa dia gak update sih ?!, "Iya akyu tau kok, tadi gua cuma bercanda", Lanjut Marintan sambil belagak nyedot es-nya.

"Lho nama lu siape ?", Tanya Iyan

"Ohh akyu ? Octavia Marintan Hasiholan, tapi panggil aja Meri", Jawab Marintan yang ngibul seenaknya.

"Wah ! Sodara Atiqah Hasiholan ?", Tanya Felix sambil pamer senyum

"Cukkkk !!! Gak kuat akyu", Marintan melolong didalam hati, "Ahh gak juga, palingan masih sodara jauh", Jawab Marintan sok aksi.

Darwin menyodorkan dompet 'Chanel' milik Marintan. "Wah Surabaya panas beuth yak ! Asli disini kaya sauna raksasa"

Marintan langsung ngemeng, "Iya nih, akyu aja pertama pindah sini rasanya gak kuat"

"Lho ? Kirain elu asli sini", Seru Iyan sambil ngisep rokok

"Ohh nooo !! Gua dari Jakarta jugak, gue tinggal di Menteng tapi Papi malah bisnis disini, eh pindah deh", Marintan makin sok aksi

"Menteng ? Gile ! Tajir donk elu ? Wah hari ini orang Jakarta jadi ngumpul dimari ye ?!", Ujar Darwin

"Ya kaleee !", Jawab Marintan sambil sok terkikik gak jelas.

Marintan merasa dirinya gula merah raksasa yang lagi dijilat 3 cowok sekaligus, dia merasa cantik optimal dan momen langka ini diabadikan dengan foto bersama. Sialnya pas mau upload dia baru inget kalok tadi pagi dia baru upload foto palsu, "Jambret ! Akyu giliran foto sama cowok - cowok  keren malah gak bisa upload"

Akhirnya dia bikin status, "Pagi - pagi nongki tipis tipis bareng Darwin, Iyan dan Felix di Sarfuck, temen dari Jakarta pada kangen eh pada dateng deh, duh jadi pengen ke Jakarta deh gua", Dan bisa ditebak, budak budak ramai bercakap.

Saru Lansia :
Tan ! Kok pertanyaan ku gak koen jawab ? Iku fotomu ?

Setia Rina :
Walah gayamu sejuta PD mu dua juta

Levin Sandra :
Edyaan ! Ketan makin eksis

Eca Nobita :
Iku maksudmu Starbucks ?

Musa Kabari :
Dul maksudmu gua iku opo ? Gua Kelelawar ?

Lita Enjelina :
Gak nguati gayane Ketan

Bing An :
Kamu asli Madura kan ? Kok gayamu sok Jakarta ya ?

Nur Cahyono :
Mi babahno, Ketan keblinger

Lee Lee Liana :
Mosok Tan nulis Starbucks ae salah ?!! Jare arek gaul ?

Ryas Bekker :
Tan ojok kakean omong, tukokno aku bawang merah arep tak blend gae aku maskeran !!

Diduga Nyambek Gaul :
Faaakk Tan  gayamu sok kekinian padahal wajahmu kekonoan #apa_deh

Mamat Arif Aji :
Aku penasaran akhir kisah cinta ini wkwkwkwk

******

"Sarapan penyetan lucu kali ye", Darwin bicara ke Felix dan Iyan.

Iyan menjawab dengan semangat, "Iya, mumpung di Surabaya kita puasin makan penyetan"

"Yuk kemek penyetan Mer ?!", Ujar Darwin sambil memasukan gadget-nya ke tas ransel.

Marintan jelas gak nolak jalan sama cowok cowok itu, tapi dia kudu drama biar cowok cowok ini bisa dijadiin gebetan, mau satu atau tiga sekaligus bagi Marintan gak masalah. "Yaaahh kalok makan penyetan, akyu gak bisa ikutan, secara akyu lagi diet, udah 2 Minggu nih dan dah susut 7 Kg, mending makan Sholat ajah"

"Maksudmu Salad ?", Felix bicara sambil ngelap mukanya pake tissue basah.

"Eh iya Salad, aduh gegara akyu ini religius banged jadinya malah Sholat deh !", Marintan ngomong sambil ngumpat dalam hati atas kebodohannya sepagian ini.


Sebenernya 3 cowok itu lagi mikir, dengan tampilan Marintan yang sudah 'besar' itu, lalu ngaku sudah turun 7 Kg artinya Marintan 'besar' pake banged donk ?

"Emangnya di penyetan ada Salad ?", Ujar Darwin agak gak yakin.

Marintan menyapu bibir atasnya dengan lidah demi dibilang sexy trus ngemeng, "Ya kale ! Gak adalah, mangkanya kalo ke penyetan akyu nggak bisa ikutan", Marintan bicara sambil agak was - was. Kalo 3 cowok ini keukeuh makan penyetan, Marintan bakal menyesali diri kenapa tadi ngaku diet.

"Makan gitu palingan kalo pagi gini ya ke Starbucks atau ke Oh La La, tapi kayanya Oh La La gak ada deh, mau ke Starbucks ??", Iyan mencoba memberi ide.

Marintan langsung nyamber, "Wah itu tempat akyu sarapan kalo pagi, yuk kita kesana"

Felix dan kawan kawan langsung setuju, "Kita pulang dulu ya ? Ambil mobil sama mandi, bauk keringet nih", Seru Felix yang rumahnya gak jauh dari Warkop dimana mereka ngopi tipis tipis.

Sebenernya naik mobil bagi Marintan bisa meningkatkan gengsi, apalagi Felix sempet ngeluarin kunci dari tas-nya, Mini Cooper aja gitu loch. Sialnya Marintan sering mabok kendaraan, dia pun mencari alasan, "Mending naik motor aja deh, Felix sama Iyan dan akyu sama Darwin", Ujar Marintan yang kayanya paling napsu sama Darwin. "Gak usah mandi, pulangnya aja kita mandi"

"Ohhh kamu belom mandi jugak ?", Tanya Iyan dengan spontan.

Marintan ngumpat lagi dalam hati, ia selalu lupa ja'im disaat nafsunya sampe ubun - ubun, "Ihhh maksud akyu ya kalian, akyu sih abis Sholat Subuh langsung mandi. Dalam hati Marintan membayangkan mandi berempat, "Kaya apa ya mandi bareng 3 cowok ini ? Pasti bikin betah". Marintan kerap berfantasi cabul nan liar lantaran desakan hormon yang merongrong dirinya.

Dan akhirnya mereka naik motor, dan Darwin baru sadar kalo Marintan ini sepertinya emang gak mandi atau gak pernah ganti baju, "Kenapa aromanya kaya gini ya ? Gue aje nyang belom mandi trus lari pagi bauknya gak gini amat", Darwin ngemeng didalam hati.

******

"Mas, bon-nya akyu yang bayar, pakek debit bisa ya ?!!", Seru Marintan dengan lantang.

Darwin, Iyan dan Felix langsung berebutan nolak, apalagi mereka banyak memesan makanan dan mereka memilih Coffee Bean yang secara menu lebih variatif. Marintan cuma tertawa genit, "Kalian ini lebay deh, akyu bayarin aja gak apa, Papi akyu kan bisnisnya sukses, trus akyu sendiri anak tunggal dan jugak bisnis, tagihan segini sih akyu tutup mata", Kibul Marintan dengan lancar, tagihan padahal sampe 542 ribu.

"Aduh koq gue jadi gak enak ya ? Mana kita makannya ini ono", Sahut Iyan dengan wajah sungkan, namun Marintan toh tetep bayar. Uang yang dipake itu uang Token listrik senilai 300 ribu dan uang Bing An untuk beli Soto Jeroan Kuda sebanyak 3 porsi.

Marintan selalu aja gampangin, "Duit bisa dicari kalo cowok cakep sukak sama akyu itu kesempatan emas dan nraktir cowok cakep adalah investasi jangka panjang", Ujar Marintan dalam hati.


******

Cowok cowok itu akhirnya kembali ke alamnya, Marintan jugak, tapi malam itu dia gak tenang, Bing An bolak balik WA dan nelpon tapi dicuekin Marintan, ia harusnya nganter Soto Jeroan Kuda, tapi duitnya kepakek. "Tan ! Kalo ketemu, jeroanmu tak bikin Soto", Ancam Bing An di WA.

Marintan bergidik membayangkan Bing An ngamuk tapi kemudian menggelinjang geli saat membayangkan Darwin, Iyan dan Felix bobok dikamarnya yang berantakan.

3 hari kemudian lagi - lagi Marintan jumpa Darwin dan kawan kawannya. Selama liburan, mereka rutin lari pagi. Marintan jelas belagak abis lari juga, dia pakek jaket parasut dan itu rasanya kaya diungkep.

"Haiii kalian, apakabar ?!", Sapa Marintan sok asik.

"Hallooo Meri, lho abis lari jugak ?", Sapa Felix diikuti anggukan kedua temannya.

"Iya nih, maklum ya namanya cewek tuh gampang gemuk, jadi akyu kudu rajin olah raga sama diet deh", Sahut Marintan dengan senyum pesona Asia.


Dalam hati Darwin, Iyan dan Felix rada bingung, di pandangan mereka, Marintan nampak lebih gemuk dibanding beberapa hari lalu. Tapi mereka memutuskan belagak gak tau, takutnya menyinggung.

Aku sama Darwin hari Minggu ini balik Jakarta, kan mau daftar ulang trus kuliah lagi deh", Iyan bicara sambil meneguk kopi.

Marintan jelas galau, gila aja nih, belom jadian dah mau ditinggal. Ucapan Iyan tadi bagai petir disiang bolong, "Ya Allah kesedihan macam apalagi yang harus akyu hadapi".

Dan kesedihan yang sebenarnya terjadi juga, Bing An kok yo isuk isuk byayakan golek panganan, dia naik motor keliling komplek. Sialnya dia gak nemu makanan ektrim kesukaannya tapi malah liat motor Marintan ada didepan Warkop.

Bing An ini kenyang aja galak, apalagi lapar ? Dan terjadilah kesedihan itu, "Ohhh setan ! Elu disini ? WA gue elu cuekin ?! Mana duit Soto Jeroan Kuda yang udah gue transfer ? Itu seporsi 65 ribu lho ! Dasar kurang ajar !", Teriak Bing An dengan jurus Amarah Durga kitab 3

Marintan menciut, "Mati gua ! Bakal kebongkar rahasia gua nih didepan fans gua", Jerit Marintan panik dalam hati

Bing An langsung merepet, "Gara - gara kamu aku jadi kacau nih diet-nya, kalo gak sanggup beli kenapa sok sanggup ?! Ini udah ke berapa ribu kali ya lu kaya gini",

Darwin sok nengahin, "Maaf ya Ce, ini ada apa ? Meri kan anak Jakarta, mungkin aja dia belom tau dimana beli Soto  Jeroan Kuda".

Bing An makin naik pitam, "Anak Jakarta ?? Meri ? Ini Marintan dan dia asli Madura, Jakarta apakah !!?".

Felix jadi bingung, "Lho ? Meri itu tinggal di Menteng dan keluarga pengusaha kaya"

Bing An tertawa dalam amarah, "Kalian dibohongin, dia ini tinggal di Dupak, asli Madura dan dia kurir, tau kurir ? Itu lho yang antar barang"

Marintan lemes, rasanya pengen ngilang 'ting', Bing An tanpa ampun membuka rahasianya. Sementara Darwin, Iyan dan Felix memandang Marintan tanpa mampu berkata kata, mereka kecewa dibohongi Marintan.

Akibatnya ke tiga cowok itu pamit dan menghilang, Marintan terpaksa ngutang ke Sumeng demi ngembaliin duit si Bing An yang murka. "Ya ampun Kak, ada apa kok Ce Bing An mau pinjam duit"

"Iya, katanya ATM-nya ketelen, mangkanya dia minjem duit ke akyu tapi pas akyu lupa naroh ATM ku, ATM-ku banyak sih", Ujar Marintan tetep aja berbohong.

Udah kelar sedihnya ? Belonlah, masih ada 2 lagi. Yang pertama, ada WA dari Darwin, "Kami kecewa udah lu bohongin, kenapa sih gak jadi diri sendiri ? Gue gak butuh temen palsu, maaf ya elu gue blokir dari WA". Kelar baca WA itu Marintan lemes, dia terduduk di kamarnya yang mirip kandang.

Belom juga kering airmata Putri Soleha, Mamah muncul dengan wajah seram, rupanya token habis dan listrik mati. "Tan ? Kenapa Token gak kamu isi ? Udah belikan ?"

Marintan hanya menggeleng lemah sambil berujar, "Uange kepakek Mah, Minggu depan akyu ganti"

Mamah langsung cekot cekot tensi-nya naik, "Yaaahh !!! Iki lho si Intan mangan duit Token, ini listriknya mati, aku gak ada duit lagi"

Ayah paling gak bisa kalo liat Mamah kecewa, "Intan ! Sini kamu ! Jadi duit Token kamu sikat juga ? Otakmu di dengkul ? Ini rumah listriknya jadi mati, pikirmu ini bener ??!"

Dan Ayah langsung menggelandang Marintan ke depan, Marintan meraung panik, "Yaaahhh !!! Aduh apaan sih ini", Dan tanpa ampun Ayah menjatuhi hukuman dari masa  Raffles berkuasa, yaitu Marintan kakinya dipasangi rantai dan diikat di tiang listrik depan rumah, lalu Ayah menyemburnya dengan air melalui selang. Marintan basah kuyup bin lepek, air juga masuk ke hidungnya tapi itu gak membuat Ayah berhenti.

Tetangga berdatangan dan menonton semua itu secara langsung tanpa kepotong iklan. Bu Karsih tetangga depan rumah bicara ke anak gadisnya, "Nduk ? Jangan ditiru ya tingkah si Intan, bisanya bohongin orangtua-nya"

Wak Dul yang juga ada di deretan penonton bicara ke Cucu-nya, "Nak ! Ini contoh buruk, Mbah lho gak pernah seneng liat si Intan,  dia selalu bikin malu orangtua-nya"

Dan masih banyak puluhan komentar buruk. Termasuk saat malam dia curhat di status FB, "Sedih tak berujung, dicaci maki, kehilangan 3 pacar sekaligus dan jadi tontonan warga, Meri gak sanggup ya Allah", Dan sederet kalimat duka lara itu disambut cercaan di komen, apalagi Bing An dengan tanpa ampun komentar, "All itu DP palsu, tadi lho aku liat dia tetep kaya Kungfu Panda, bohongnya gak kira kira deh !!!"

Sungguh Marintan berkali kali terjerat masalah karena ulahnya sendiri dan sialnya dia gak pernah mau berubah, apalagi saat menyangkut cowok yang diduga olehnya sebagai calon imamnya

Bagi Marintan, segala ulahnya selama ini adalah bagian dari "Menjadi diri sendiri", padahal sejatinya menjadi diri sendiri itu harus disertai tanggung jawab dan membuka hati dan pikiran untuk selalu belajar banyak hal dari banyak sumber, agar lebih baik lagi .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar